Anda memiliki lebih banyak alasan untuk optimis daripada anak muda yang hidup pada masa yang telah lalu.

Daripada mengutuki kegelapan, berusahalah untuk menyalakan pelita dalam pekatnya kegelapan itu.

Orang tua banyak membicarakan masa lalunya. Orang muda banyak membicarakan tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di masa datang.

Tugas pemimpin adalah memberikan harapan dan menunjukkan arah bagi cita-cita para kaum muda. Anda akan menjadi pemimpin ketika anda memiliki pengikut.

Kobarkan semangat anak muda jadikan dirinya sebagai bagian dari mereka yang mampu menjawab dan menyelesaikan masalah bangsa dan bekerja bersama untuk menuntaskannya.

Era telah berubah dari jaman Ensiklopedia kepada Wikipedia. Ilmu pengetahuan akan jauh lebih pesat berkembang pada saat anda melibatkan banyak orang untuk menyempurnakannya dan turut menyumbangkan pemikirannya. Demikian halnya dengan upaya untuk mengatasi masalah pendidikan di Indonesia. 

Indonesia banyak diagung2kan dengan kekayaan alamnya, begitu banyak lagu memuja2 kekayaan alam Indonesia, tumbuhan, ternak dan lain sebagainya. Satu hal yang terlupa adalah kekayaan dalam bentuk sumber daya manusianya. Kita lupa memberikan tempat yang selayaknya bagi pengembangan sumber daya manusia Indonesia menuju kepada bangsa yang maju, adil sejahtera dan bermartabat.

Kualitas guru dan pendidikan kita masih rendah. Tidak banyak yang tahu berapa jumlah guru dan berapa semestinya kita memilikinya dalam jumlah dan kualitas yang memadai. Kita lebih tahu jumlah pulau meski hal ini tergantung pada tingginya ombak.

Anda cukup beruntung, paling tidak anda telah menunjukkan prestasi yang baik di luar negeri. Ceritakanlah kisah anda untuk memotivasi dan memberikan inspirasi kepada banyak orang. Kirimkan kepada guru-guru pada masa mudamu, ceritakan juga pada para siswa dimana anda menempuh pendidikan pada masa kecil. Biarkan mereka memiliki cita-cita yang tinggi dan berikan harapan bahwa kalau anda bisa melakukannya, maka merekapun memiliki harapan yang sama dan bahkan mungkin lebih besar dari pada anda.

Tuangkan hal-hal yang positif dan yang membangkitkan semangat dalam setiap tulisan anda!

ab.