• Jakarta Post menilai visi dan misi Jokowi – JK sesuai dengan nilai yang selama ini dijunjung mereka yakni, pluralisme, hak asasi manusia, masyrakat sipil dan reformasi.
  • “Satu kandidat menawarkan putus hubungan dengan masa lalu, sementara yang lain beromantis dengan era Soeharto,” tulis Jakarta Post tentang Jokowi dan Prabowo.
  • “Dalam pandangan The Economist, Jokowi adalah pilihan yang tepat untuk Indonesia,” tulis pimpinan redaksi majalah tersebut seperti dikutip merdeka.com dari economist.com.   
  • The Economist memaparkan Jokowi adalah tokoh yang menampilkan sesuatu yang baru untuk Indonesia. “Pria 53 tahun ini adalah generasi pertama setelah kejatuhan Soeharto pada 1990an yang mencapai panggung nasional.”
  • The Economist juga menyorot sisi gelap Prabowo saat menjadi Danjen Kopassus. “Sebagai mantan komandan pasukan khusus Indonesia yang terkenal buruknya, Prabowo punya cacat terkait tentang HAM, pertama di Timor Timur dan kemudian selama demo anti-Soeharto.”    
  • The Economist berpandangan, baik Jokowi dan Prabowo menawarkan sebuah perbaikan dari pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). “Namun dalam pandangan surat kabar ini, perubahan nyata akan terwujud hanya bersama Jokowi.”

Bagaimana hubungan capres dan media di dunia luar?:

  • The New York Times, koran harian yang diterbitkan di New York dan didistribusikan secara internasional ini, mendukung Barack Obama untuk masa jabatan kedua dalam Pilpres AS 2012. Dukungan ini ditulis oleh pemimpin redaksi koran beroplah 1,2 juta itu dalam editorial berjudul ‘Barack Obama for Re-election’ pada 27 Oktober 2012.
  • ‘The New York Post’ memilih menyokong Mitt Romney dalam Pilpres AS 2012. Dukungan ditulis koran beroplah 500 ribu itu dalam editorial berjudul ‘For Americas future, The Post endorses Mitt Romney for president’ pada 25 Oktober 2012.    

 

 

* The Economist dikenal sebagai satu dari sedikit majalah prestisius di dunia. Majalah ini berkantor di London, Inggris, terbit pertama kali pada September 1843. Sirkulasinya di seluruh dunia setiap terbit mencapai 1,5 juta eksemplar.    

* The Jakarta Post, harian bahasa Inggris terbesar di Indonesia.

 

Sumber:

http://www.merdeka.com/peristiwa/surat-kabar-ini-menyatakan-dukung-salah-satu-capres/the-jakarta-post.html

http://www.merdeka.com/peristiwa/surat-kabar-ini-menyatakan-dukung-salah-satu-capres/the-new-york-times.html