Dunia makin kejam. buktinya adalah begitu banyak orang stress, kuatir, lemah iman, dan kurangnya kasih di antara keluarga dan masyarakat…..

Apakah nasehat yang dapat diberikan kepada pasangan muda hari ini?

Pengkhotbah 4:12

TB (1974) © Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.

‘Alah’ menurut kamus besar bahasa Indonesia, artinya adalah: kalah, tewas.
Anda tentu tahu kata ‘mengalah‘ yang akar katanya dari kata ‘alah‘ ini yang artinya ‘berusaha sabar menerima’, ‘menerima tidak ngotot mempertahankan haknya’

Kata ini sering dipakai dalam peribahasa dan pantun misalnya :
– Alah bisa karna biasa, artinya, Segala sesuatu meski sukar jika dibinasakan atau dipelajari pasti dapat dikerjakan.

– Alah limau oleh benalu, artinya, teori dapat dikalahkan dengan praktek.

Mendapatkan suami, istri dan atau mendapatkan persahabatan memang banyak untungnya, karena Allah tidak menciptakan kita untuk hidup tanpa persekutuan (Kej 2:18). Alkitab pun menegaskan bahwa Kita semua membutuhkan kasih, pertolongan, dan dukungan dari sahabat, keluarga, dan sesama orang percaya (Kis 2:42);

Namun demikian, ini pun belum cukup tanpa persekutuan sehari-hari dengan Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus (1Kor 1:92Kor 13:13Fili 2:11Yoh 1:3,6-7).

Secara khusus buat para calon dan atau suami…Jika orang mendapat istri, ia mendapat hal yang baik. Sebab Istri menunjukkan bahwa TUHAN senang/berkenan terhadap orang itu (Amsal 18 : 22).

Secara khusus buat para calon dan atau istri…Bagaimanakah memenangkan para suami?

Isteri yang cakap  adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang m suaminya. (Amsal 12:4)

1Pe 3:1  Demikian juga kamu, hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan isterinya,…..

Ada beragam lambang ikatan pernikahan: (a) rel kereta, serasi sejalan tetapi tidak ada ikatan (b) keris, sepadan, pusaka dunia, tetapi tidak ada persekutuan (c) tali tiga utas, lambang persekutuan kuat suami, istri dan Tuhan.

NIV: Though one may be overpowered, two can defend themselves. A cord of three strands is not quickly broken.

Jawa 1994: Wong loro wani nglawan samasa dirodha-peksa, nanging wong ijèn ora wani. Tali sing tamparé telu ora gampang pedhot.

adB#01042014